Sunday, June 17, 2012

Page 158 Of 366


Selamat ulang tahun yang ke-3 buat Forum Pelajar Astronomi, waktu memang sangat cepat berlalu. Kayaknya baru kemarin FPA ini dibentuk oleh 9 orang pemuda tampan dari Jakarta peserta olimpiade nasional bidang Astronomi, dan sekarang sudah berumur 3 tahun aja. Semoga FPA terus berkembang kedepannya, lebih aktif lagi dalam memasyarakatkan Astronomi, dan sukses terus lah pokoknya. Gue jadi mau cerita sedikit tentang awal mula terbentuknya FPA nih.

Jadi awalnya FPA ini terbentuk karena adanya sekelompok kecil peserta OSP tahun 2009 yang merasa sudah terlalu dekat sehingga mereka memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas tempat berkumpulnya para peserta OSP Astronomi setelah mereka tidak mengikuti OSP lagi. Selain itu FPA juga dibentuk sebagai alat untuk memasyarakatkan Astronomi kepada masyarakat pada umumnya, dan pelajar-pelajar SMA pada khususnya.

Acara peresmian non-formal dilakukan oleh 9 orang tadi pada tanggal 6 Juni 2009 di depan Taman Ismail Marzuki. 9 orang tersebut adalah Fahmi, Hashfi, Atas, Arreza, Dani, Ade, Gue, Faisal, Ale. Sedangkan peresmian secara resminya ketika hari terakhir pelatihan OSP Astronomi di ruang multimedia Planetarium Jakarta, yang di hadiri oleh Forum guru, Pak Wiedya, dan kami para peserta OSP pada waktu itu.
dan Tadaaaaaa… resmi lah FPA, Sekian.

***

Hari ini bakalan ada event besar yang hanya akan terjadi sekitar 100 tahun lagi, yaitu Transit Venus. Kata Transit disini itu beda artinya dengan kata Transit seperti yang kalian ketahui pada transit ketika naik pesawat terbang maupun kendaraan lainnya.

Transit Venus disini maksudnya adalah peristiwa ketika Matahari, Venus, dan Bumi berada dalam satu garis lurus di satu bidang yang sama. Sehingga jika dilihat dari planet Bumi, planet Venus akan terlihat melewati piringan Matahari yang akan berakibat berkurangnya intensitas cahaya Matahari yang kita terima di bumi sekitar 0.03%. makanya ketika tanggal 6 Juni kemarin mungkin kalian gak berasa ada apa-apa ya, soalnya cuma 0.03% cahaya Matahari yang berkurang, beda ceritanya ketika terjadi Transit Bulan (Gerhana Matahari) yang mampu mengurangi intensitas cahaya Matahari hampir 90% lebih.

Sebenernya kalo diliat dari Teleskop itu bakalan keren banget, apalagi kalo dari teleskop yang peka terhadap panjang gelombang Hidrogen Alpha. Lo bisa ngeliat prominence (Lidah Api) di sekitar pinggiran Matahari. Beuuuh sabi kan??

ini animasi prominence

Kayaknya lebih jelasan liat animasi diatas ya daripada memahami kata-kata gue?

Gue tau kalo hari ini tuh tanggal 6 Juni tapi gue lupa kalo FPA ulang tahun hari ini. Yang gue inget tuh cuma Transit Venus, Test Seleksi OSP, dan gue harus melakukan pengamatan Transit Venus di SMAN 3 Jakarta. Iyaa cuuuy sekolahnya Nikita Willy mwahahaha

Tapi gue denger-denger juga sih kalo doi udah gak sekolah disini lagi, sedikit kecewa sih pertamanya tapi yaudah lah ya wong penghuni SMAN 3 yang lain juga sabi-sabi kok. MWAHAHAHAHA……

Tapi nasib berkata lain, kekecewaan gue bertambah besar ketika mengetahui kalo hari ini SMAN 3 diliburkan karena gedung sekolahnya digunakan sebagai tempat test seleksi Olimpiade Sains Nasional.



Sejak jam 6 pagi gue udah standby di SMAN 3, gue cuma berdua sama si Hasfi. Dari pagi cuaca di Jakarta gak bersahabat banget, langit terus mendung di tambah lagi gedung-gedung di Jakarta yang tinggi-tinggi membuat gue berdua harus menunggu lama sampai Matahari melewati gedung-gedung tersebut.


Gue berdua lagi mengatur keseimbangan teleskop supaya bisa digunakan, sekalian nungguin awan pergi nih. Syukur Alhamdulillah pas jam 8 pagi awan-awan yang menutupi cahaya matahari kian lama kian memudar. Tentunya kesempatan ini langsung kita gunakan, teleskop-teleskop yang kita bawa pun langsung kita arahakan semua ke Matahari.



Karena gak memungkinkan menggunakan finder untuk mengarahkan teleskop ke matahari. Maka digunakan lah metode bayangan.


Oia ketika ingin mengamati menggunakan teleskop kita harus menggunakan alat bantu yang disebut sebagai 'Sun Filter' biasa disebut Filter aja sih sebenernya. Filter ini fungsinya untuk mengurangi intensitas cahaya matahari, karena kalo kita gak pake filter cahaya matahari yang kita terima melalui teleskop akan lebih difokuskan ke mata kita, Insya Allah bisa bikin buta. coba aja kalo gak percaya. mwahahaha

Pada foto diatas, filternya itu yang berwarna putih.


Gak cuma siswa-siswa SMA aja yang tertarik, bahkan bapak-bapak pun juga ada yang tertarik loh.




Nah kalo yang ini sampe desek-desekan gitu gara-gara mau foto penampakannya dari teleskop. Semangat banget ya mereka :)

Dengan ini berakhir lah pengamatan Transit Venus gue yang penuh ceritaa. kalo menurut kalian yg gue tulis sedikit, emang sedikit sih. tapi sebenernya banyak cerita di hari itu brooh. cuma males gue nulis disini semuanya mwehehehe. lagian juga kan udah malem, gak baik kalo malem-malem belom tidur, seperti kata bung Rhoma Irama "begadang jangan begadang, kalo tiada artinya~....."

Semoga Transit Venus berikutnya, cucu gue bisa ngeliat lagi. Cucu? emang Transit Venus selanjutnya kapan?

100 tahun-an lagiii cuuuuy!!
Post a Comment