Thursday, October 23, 2014

Graduation.

Wisuda merupakan momen dimana kita akan merasa sedih sekaligus senang dalam waktu yang bersamaan, trust me. Rasa senang itu muncul karena kita (akhirnya) dapat mempersembahkan gelar Sarjana kita buat kedua orangtua kita yang telah membanting tulang agar dapat menyekolahkan anaknya sampai Sarjana.

Family Photo

Lalu darimana kesedihan itu muncul?

Buat gue wisuda bukan hanya sekedar tentang kelulusan. Tapi buat gue wisuda itu berarti pindah, pindah ke tahap selanjutnya. Wisuda merupakan suatu momen dimana masa mahasiswa kita berakhir dan babak baru dalam kehidupan kita pun akhirnya dimulai.

Sehari sebelum wisuda, gue merapikan beberapa barang-barang di kamar gue yang akan dibawa kembali ke Jakarta. Bagian tersulit ketika kita akan pindah itu adalah saat kita harus memasukkan barang-barang, yang mungkin penuh kenangan, kedalam dus-dus coklat. Padahal menurut gue berpindah itu sendiri merupakan sebuah proses yang juga (sangat) sulit. Karena, ketika kita berpindah kita akan memulai beradapatsi lagi dari awal di suatu tempat yang asing, di suatu tempat dimana kita sendirian, mulai mengenal orang-orang dari awal lagi dan memulai tali pertemanan lagi dari awal dengan orang-orang baru yang kita temui di tempat asing tersebut.

Seketika itulah rasa sedih muncul pada saat momen wisuda berlangsung, kita harus meninggalkan kehidupan kampus dan kota tempat kita menuntut ilmu selama 4 tahun (mungkin buat yang kuliahnya gak di kota besar malah seneng) dan juga orang-orang yang berada di dalamnya. teman, sahabat, pacar, dan gebetan.

Gue yakin, gak akan gampang untuk memulai sesuatu dari awal lagi, gak akan gampang untuk mengenal dari awal lagi. Tapi ...

...
..
.

Seperti elektron-elektron yang berada pada tubuh kita yang tidak pernah berhenti bergerak mengelilingi inti atom. Apapun yang akan terjadi, kita, mau gamau, harus terus bergerak, berpindah. Karena pada dasarnya seperti itulah kehidupan. Berpindah dari suatu tempat ke tempat lain.. berpindah dari satu tempat kerja ke tempat lain, dan berpindah dari satu hati ke hati yang lain.

Here's a picture of me and friends. See you on top guys!
Joseph - Tahera - Tori - Irna - Nito
Tugu Soekarno - ITB

PS: Doakan gue untuk segera mendapatkan kerja ya.

No comments: